Rabu, 19 Maret 2014

knalpot motor 4tak ngebul

Deteksi Asap Pada Motor 4 Tak



Motor 2 tak ngebul ? itu sih biasa karena
adanya oli samping yang terbakar, di
ruang bakar.

tapi bagaimana kalo mesin 4 tak
ngebul , , nah ini baru tidak biasa !!!
Jika hal tersebut terjadi
itu merupakan tanda ada yang tidak beres
di dalam mesin motor anda.

Seperti yang aku alami pada,
29 desember2013, aku dikagetkan
dengan kejanggalan kuda besiku
“Yamaha new Vega R 2007″ yang telah
menjadi tungganganku selama 3 tahun
belakangan .

Knalpot Djagoer-ku ini Kok ngebul ? ?



Entah baru memperhatikan, atau sudah beberapa minggu belakangan,
ternyata setiap awal motor dipanaskan
keluar asap berwarna putih dan ngebul . Awal nya memang sediki tapi kok lama kelamaan jadi banyak asap nya (padahl kondisi netral/langsam looohh)

Menariknya lagi, setelah dibawa jalan,
lama-kelamaan asapnya berkurang dan
hilang seperti normal-nya motor 4 tak.
Namun Tetap saja, aku khawatir, pasalnya tuh knalpot ngebul banget dan baunya nyengat gak enak .
Selanjutnya,
aku langsung ambil hp jadulku (N73)
yang baru dapat di isi pulsa dari my honeyku. . Daftar paket langsung googling.
aku gunakan coba cari “mengapa-
nya” dan “bagaimana” cara
penanganannya.

Berselancar di internet
hasilnya membawa pengetahuan baru sekaligus tentunya: pencerahan.

Banyak tulisan yang ku baca melalui
mbah gugel dan tanya ke mekanik
bengkel di tempat tinggal istriku.

Hasilnya sebagai berikut:
Penyebab knalpot motor 4 tak
ngebul dengan asap warna putih
dan petuah-petuahnya…

Awal nya aku tertarik dengan produk
NANO ENERGIZER

waktu itu aku membeli di ace hardware.
Dgn harga yg lumayan, , 80rb untuk nanoenergizer dan ppn 10rb . . Jd total 90rb
Aku ikuti petunjuk penggunaan nya
mesin motor di panas kan selama 10menit . Matikan motor. . Masukan nano dr lubang oli mesin. Hidup kan motor. . Kendarai motor sekitar 10 KiloMeter , ini dimaksudkan agar nano bercampur dgn oli secara merata.
Kemudian diamkan motor dan biarkan dingin
Krn nanoenergizer dpat aktif bila dalam kondisi mesin motor panas.
Esok nya , motor tdk berasap . Namun 3hari kemudian berasap lagi.
Pusing jadi nya
haduh

Knalpot 4 tak ngebul dan asapnya
berwarna putih disebabkan ada oli
mesin nyelonong ke ruang bakar.
Akibatnya, oli itu ikut terbakar hawa
bensin alias
oli mesin “terbakar” di
ruang bakar.
Ini bisa terjadi karena 2 sebab:

Pertama, lemahnya kinerja ring seher
yang sudah tak sanggup nahan oli dari
kruk as agar gak masuk ruang bakar.
Bila itu terjadi, silakan ganti ring seher.

Tapi kalau kerusakan sudah parah,
terpaksa harus mengeluarkan biaya lebih, untuk mengganti piston dengan
ukuran lebih besar (oversize).

Kedua, dikarenakan sil klep sudah
kedaluarsa alias rusak. Salah satu
indikasi yang membuat peranti mungil
ini rusak karena kurangnya suplai oli ke
bagian kepala silinder. Karena di sekitar
sil miskin oli, part ini pun jadi gosong akibat bergesekan dengan klep secara
terus-menerus.
Pendek kata, oli yang
nyelonong masuk ke ruang bakar
kemungkinan karena ada yang
bermasalah pada ring seher yang
tentunya sudah aus, dinding piston luka, seal klep yang sudah kaku atau dinding
block piston yang baret.

Penjelasan di atas bermuara kepada
sebuah penyebab utamanya, yaitu OLI.

Artinya adalah terjadi kekurangan
suplai oli atau tidak cukup pelumas di
bagian tersebut.
Dengan demikian, maka dapat ditegaskan bahwa pada mekanisme motor
bermesin 4-tak, peran oli mesin sangat
dan atau teramat penting.

Pilihlan oli yang kental mengingat kalau mesin
berjalan maka kepekatan/kekentalan
oli makin lama makin encer hingga daya lumasnya pun makin kurang. Jadi,
jangan sampai telat ganti oli mesin,
Gunakan oli yang di anjurkan untuk mesin
motor anda.
Ex : untuk new vega r 2007,aku biasa gunakan oli motor merk yamalube 20w-40
pastikan agar motor tidak kekurangan
oli mesin.
Jangan gunakan oli yg tdk di rekomendasikan
untuk motor anda, misal nya oli mobil digunakan untuk motor anda

Dampak dan Solusinya adalah….
Dampak yang pertama lahir ialah kalo
didiemin bisa nular ke part lain dan
selanjutnya….”harus turun mesin”,
jawab mekanik di tempat tggal istriku.
Aduh, bakalan gede neh duitnya. Aku tanya berapa biayanya: “500 rebu”.
Ya ,memang sekitar itu biayanya . .

Berhubung waktu itu , tanggal tua dan sebentar lagi gajian . Jd aku putuskan untuk turun mesin, tentu nya kpd orang yg ahli nya alias montir.
karena jika dilakukan sendiri tentunya kita harus punya pedoman untuk motor kita. Peralatan yg lengkap juga tentu nya.

Biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki mtor ku tersebut ber jmlah rp 620rb
dan pergantian part nya adalah
ring piston 1 set
piston/sekher
Pilot jet
sil klep
bubut/boring dinding liner sekher/piston
ongkos mekanik
Bensin
oli

Jmlh yg lumayan banyak,mengingat drpd motor djagoer-ku tdk di perbaiki, , bs mogok di jalan, bisa berabe nanti nya.
Dan sekarang setelah di ganti part nya gak ngebul lagi. .
Gunakan part yang rekomended/asli
part bisa di cari di dealer tmpat anda membeli motor.

Sekian dulu ea sob
mohon mf bila ada salah kata
mohon koreksi jika ada yang salah
akhr kata
wassalam .wr.wb

Terimakasih